082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

7 Pertimbangan dalam Memilih Lokasi Gedung Kantor

Posted on September 12, 2019 by Vibiz Admin in News

Pada masa sekarang mendirikan startup sepertinya menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh para pengusaha, terkhusus pengusaha muda yang punya ide dan keberanian untuk mandiri dengan usaha yang dia punya.

Dalam mendirikan sebuah startup, salah satu elemen penting yang menjadi pertimbangan adalah memiliki gedung sendiri. Memiliki gedung untuk mendirikan sebuah usaha sendiri tentu bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya ini membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga banyak perusahaan startup yang memilih untuk menyewa suatu gedung. Sudah lazim bagi startup untuk berpindah-pindah lokasi kantor, bahkan kadang lebih dari sekali.

Kamu mungkin bisa bekerja dari kantor virtual atau co-working space ketika baru merintis. Tapi seiring perusahaan membesar, kebutuhan akan kantor yang bonafide akan semakin mendesak.

Menyewa, membeli atau bahkan membangun suatu kantor merupakan salah satu bagian penting bagi suatu perusahaan.

Hal ini secara tidak langsung berkaitan dengan kenyamanan kerja para karyawan serta menjadi daya tarik tersendiri untuk pihak luar dalam berinteraksi dengan perusahaan yang kita dirikan.

Untuk pemilihan bangunan perkantoran itu, apa saja yang perlu kita pertimbangkan saat memilih lokasi gedung?

1. Anggaran
Poin dasar yang pasti harus menjadi bahan pertimbangan adalah anggaran. Untuk hal ini kita harus berpikir realistis dan menyediakan ruang untuk berjaga-jaga apabila anggaran membengkak.

Apabila kita melihat startup yang sudah sukses dapat membuat kita tergoda memiliki kantor mewah.

Untuk menangani hal ini, anda sebaiknya lebih berhati-hati. Bila kamu tak yakin, lebih baik berkonsultasi dengan agen properti.

Kamu juga harus mempertimbangkan biaya pemeliharaannya, apakah perlu renovasi atau apakah perlu memperluas lokasi bangunan. Berkonsultasi dengan agen properti adalah langkah terbaik untuk hal ini.

2. Kondisi perkembangan perusahaan
Anda harus mempertimbangkan bagaimana perkembangan perusahaan anda seperti jumlah karyawan yang terus bertambah. Bertambahnya jumlah karyawan sering menjadi penyebab utama perusahaan butuh kantor baru.

Namun saat anda akan memilih ukuran kantor, jangan terpaku pada jumlah karyawan pikirkan sejauh mana tim Anda akan berkembang pada masa yang akan datang. Perlu membuat prediksi pertumbuhan yang tepat agar kamu mendapat ukuran ruang optimal.

3. Akses menuju fasilitas
Ini juga menjadi salah satu pertimbangan penting di dalam memilih lokasi gedung kantor. Kantor dengan lokasi yang strategis sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Kantor yang dekat dengan pusat perkotaan, bank, rumah sakit dan fasilitas lainnya akan memudahkan aktivitas mobilitas karyawan anda.

4. Kondisi Keamanan
Melakukan survey sangat penting ketika anda hendak memilih gedung baru. Sempatkan waktu untuk mengamati daerah sekitar lokasi. Tanyakan kepada warga sekitar soal isu keamanan disana, apakah sering terjadi pencurian dan perampokan.

Tentu itu hal yang penting terutama untuk karyawan anda juga klien yang akan datang berkunjung ke kantor anda nantinya. Pertimbangan menyewa security juga perlu dipikirkan.

5. Luas lahan parkir

Hal ini tentunya tak kalah penting. Bisa anda bayangkan sebuah kantor besar dengan jumlah karyawan serta jumlah tamu yang banyak sementara lahan parkirnya sangat terbatas.

Hal ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan dan menimbulkan ketidakteraturan. Apa yang terjadi jika Anda memiliki kantor luas, tetapi tidak memiliki lahan parkir yang memadai? Tentunya hal itu membuat karyawan Anda frustasi.

6. Lokasi karyawan dan klien
Lokasi kantor menjadi salah satu pertimbangan bagi klien karena lokasi kantor yang terlalu jauh bisa menjadi alasan bagi klien untuk mencari tempat lain yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Sama halnya dengan karyawan anda, lokasi kantor yang jauh tentu menjadi pertimbangan untuk mereka.

7. Branding kantor
Branding kantor juga hal yang penting menjadi bahan pertimbangan kita. Menyewa kantor di sebuah gedung ternama tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi klien dan mitra anda.

Mereka akan mengira bahwa perusahaan anda telah sukses. Ini tentunya menjadi pertimbangan yang perlu anda pikirkan.

Kantor tentu menjadi rumah kedua bagi kita. Tempat kita menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam per hari dalam 5 hari kerja. Sudah selayaknya kantor menjadi tempat yang nyaman bagi setiap karyawan.

Maka dari itu lakukan pertimbangan-pertimbangan di atas sebelum anda memutuskan memilih gedung kantor yang baru.

sumber: fastwork.id


0 comments

Leave A Comment