082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

AREBI: Bisnis Properti Tidak Akan Mati

Posted on November 27, 2019 by Vibiz Admin in News

Walaupun industri properti masih alami pelemahan, Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) pasar properti tidak akan mati. Hal tersebut lantaran masih tingginya kebutuhan tempat tinggal

Lukas Bong, Ketua AREBI menyebutkan bahwa pihaknya masih optimis terhadap industri properti di Indonesia. “Kendati terjadi pelemahan di industri properti, tapi properti merupakan kebutuhan manusia sebagai tempat tinggal maupun investasi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (21/11).

Pertumbuhan penduduk di Indonesia juga menjadi salah satu katalis positif atas industri properti. Karenanya, ia tak menampik banyak pengembang asing yang masuk dan membangun proyek-proyeknya di Indonesia.

Sulihin Widjaja, Sekretaris Jenderal AREBI menambahkan bahwa memang di tengah industri yang sedang melemah justru menjadi keuntungan sendiri bagi konsumen dalam membeli rumah, khususnya rumah bukan baru atawa rumah bekas. Menurutnya, hal tersebut lantaran banyak pihak yang menjual aset dengan harga yang jauh lebih murah.

“2-3 tahun terakhir harga rumah bekas turun 20% hingga 30%,” terangnya.

Kendati begitu, untuk tahun depan diproyeksikan industri properti belum akan terlalu menggeliat secara signifikan. Hal tersebut lantaran ekonomi dunia yang belum stabil.

Akibatnya, untuk produk perumahan di atas harga Rp 1 miliar penyerapannya masih terbilang sulit. Namun, ia optimis untuk produk di bawah harga tersebut akan tumbuh dengan baik. “Khususnya untuk produk di bawah harga Rp 500 juta,” tutupnya.

sumber: kontan


0 comments

Leave A Comment