082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Hadapi Kuartal IV/2019, Ini Strategi yang Perlu Diperhatikan Pengembang

Posted on October 17, 2019 by Vibiz Admin in News

Pasar properti pada kuartal IV/2019 diperkirakan masih bergerak stagnan. Ketika menghadapi hal ini, pengembang perlu melakukan beragam strategi agar target bisa mencapai dan memacu kinerja hingga akhir tahun ini.

Vice President Coldwell Banker Dani Indra Bhatara mengatakan bahwa kuartal IV/2019 diprediksi secara umum belum ada akan perubahan yang signifikan dibandingkan dengan kuartal III/2019.

Kondisi ekonomi dunia yang melambat masih berpengaruh pada ekonomi nasional dan berpengaruh pada bisnis secara umum di Indonesia.

Selain itu, kondisi politik yang juga belum stabil pasca pemilihan umum juga sedikit banyak mempengaruhi investor ke sektor properti.

Kemudian, kebijakan penurunan suku bunga acuan sudah mulai mempengaruhi suku bunga kredit walaupun masih terbatas.

“Hal ini yg membuat belum adanya dorongan yang kuat ke sektor properti di akhir tahun,” katanya kepada Bisnis, Selasa (15/10/2019).

Secara umum, kata Dani, semua sektor cenderung memang akan bergerak lebih positif meskipun perubahannya tidak besar dari sisi permintaan. Dari sektor hotel, diperkirakan tetap stabil dibandingkan dengan kuartal III/2019.

“Karena belanja kamar dan meeting dari pemerintahan masih berlanjut hingga akhir tahun, serta momen liburan Natal dan akhir tahun juga mendorong kinerja hotel secara umum,” ujarnya.

Selanjutnya, properti perkantoran diperkirakan mengalami kecenderungan yang positif dari sisi permintaan sejak awal tahun dan diperkirakan masih tetap berlanjut. Namun, tingginya kekosongan sejak 2015 dan tingginya pasok baru yang tinggi menyebabkan okupansi dan tarif sewa belum mengalami peningkatan.

Untuk sektor apartemen, kelas menengah, dan menengah bawah masih tetap mengalami penjualan yang cukup baik, sedangkan kelas atas masih akan cenderung terbatas.

Adapun, dari sektor ritel diperkirakan masih stabil. Tidak adanya rencana pusat perbelanjaan baru yang dibuka akhir tahun membuat sektor ini tidak banyak mengalami perubahan.

sumber: bisnis


0 comments

Leave A Comment