082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Karakter Kota Tentukan Arah Investasi Realestat

Posted on February 6, 2018 by Vibiz Admin in News

Perusahaan konsultan properti Jones Lang LaSalle melakukan penelitian baru dengan pendekatan tradisional dalam mengevaluasi daya saing perkotaan dan memetakan kategori tipe-tipe baru perkotaan.

JLL mempelajari kinerja kota-kota global untuk mengevaluasi kekuatan dan peluang mereka bagi investor, pengembang dan perusahaan real estate.

Di antara tipe-tipe kota baru, kategori Innovators adalah kota dengan kemampuan kota kelas dunia dalam sains dan teknologi yang terindikasi mengalami peningkatan volume sebesar 50% sejak 2006. Secara khusus, kota Berlin muncul sebagai hotspot untuk investasi lintas batas, masuk dalam peringkat sebagai salah satu tujuan global utama untuk cross-border capital. Sementara itu, kota-kota Lifestyle seperti Vancouver, dengan kenaikan volume investasi sebesar 168% pada 2017, juga akan menarik modal investasi global.

Jeremy Kelly, Direktur Riset Global di JLL mengatakan semakin banyak kelompok kota yang berbagi karakteristik, aspirasi dan prioritas sehubungan dengan spesialisasi yang mereka kembangkan, talenta dan bisnis yang mereka miliki, serta gaya dan jumlah real estate yang dibutuhkan.

“Dengan hal tersebut, maka cukup logis untuk menilai dinamika pasar real estate kota melalui sudut pandang kelompok kota ini, yang melengkapi pendekatan tradisional untuk mengevaluasi dampak dari daya saing kota terhadap real estate,”katanya dikutip Selasa (6/2).

Analisis JLL menggunakan metrik kinerja kota untuk mengenali persamaan antara kota-kota di dunia. Klasifikasi baru dari 10 kelompok kota global, masing-masing dengan tantangan dan kewajiban yang dimiliki dan mengacu pada berbagai indikator yang fokus peta global dinamika kota.

Big Seven dan Kontender

Big Seven adalah jajaran kota-kota elit yang menyumbangkan sekitar seperempat dari semua modal yang diinvestasikan pada real estate komersial dunia, dan memiliki kekuatan yang unik untuk menjadistandar lokasi bagi para cross-border investor dan perusahaan.

Sementara kontender telah melihat pertumbuhan investasi real estate tercepat dalam beberapa dekade terakhir dan pertumbuhan sewa kantor tertinggi sejak 2000.

Innovators, Lifestyle dan Influencer

Didukung oleh semangat kewirausahaan dan kemampuan riset yang kuat, Inovator seperti Berlin, Boston dan Seattle adalah kota-kota penting dalam ekonomi bernilai tinggi. Mereka menarik volume terbesar sehubungan dengan investasi real estate.

Kota-kota Lifestyle memiliki karakter dengan kualitas hidup yang tinggi dan pelayanan publik terlihat dari tingkat pertumbuhan sewa terkuat sejak 2000.

Influencer biasanya memiliki beberapa pasar real estate yang paling stabil karena lokasinya yangstrategis untuk pengambilan keputusan trans-nasional, fungsi budaya atau perdagangan.

Megahubs, Enterpriser dan Powerhouse

Kota-kota besar di negara berkembang, Megahubs, merupakan persimpangan untuk internasionalisasi ekonomi nasional dan pusat bisnis dan ritel yang mapan namun gagal untukmencapai target di atas tujuan investasi mereka.

Enterprisers adalah rumah bagi beberapa pasar real estate yang paling dinamis di dunia. Negara-negara berkembang ini memiliki sistem inovasi yang berkembang pesat dan semakin bertambah untukmenjadi rumah kesuksesan mereka sendiri, bagi korporasi lokal multi-nasional..

Powerhouses adalah peralihan dari ekonomi industri yang bernilai rendah ke posisi yang lebih tinggi dalam rantai nilai. Dengan mendapatkan dukungan kuat dari pemerintah nasional, mereka melakukan peralihan ke industri yang lebih maju.

Hybrid dan National Growth Engines

Hybrid adalah kota-kota berukuran menengah yang bersaing di pasar khusus (misalnya komoditas, proses bisnis outsourcing). Mereka telah membuat kemajuan yang baik dalam meningkatkan transparansi real estate, dan telah mewujudkan kualitas transformasi real estate komersial mereka.

National Growth Engines dapat ditemukan dalam ekonomi nasional yang stabil dan maju. Mereka mendapatkan keuntungan dari akses ke pasar domestik yang besar. Daya tahan yang lebih darijangka menengah, mereka termasuk di antara tujuan investasi real estate terbaik.

sumber: bisnis

 


0 comments

Leave A Comment