082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Kepala BPN: Satu Tahun Tidak Dibangun Saya Nyatakan Tanah Terlantar

Posted on July 13, 2018 by Vibiz Admin in News

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, mengaku kalau dirinya sangat lekat dengan sektor properti. Kelekatan pertama karena dialah yang mengurusi persoalan lahan yang menjadi modal utama untuk mengembangkan properti.

“Jadi saya ini tidak bisa dilepaskan dari sektor perumahan. Gedung bekas kantor Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) saja diserahkan ke kami, memang lokasinya menempel dengan kantor BPN. Kemudian, rumah dinas saya itu bekas ditempati Menpera terakhir Pak Djan Faridz, jadi saya itu nggak bisa dilepaskan dari perumahan,” katanya di depan para pengembang yang tergabung di asosiasi Real Estat Indonesia (REI) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Karena lahan menjadi modal utama untuk pemenuhan hunian masyarakat, Ferry memastikan keterwakilan negara dalam masalah pertanahan dan tata ruang. Ia juga tidak menginginkan lagi tanah menjadi sumber konflik karena itu pihaknya akan menjalin kerja sama dengan banyak pihak untuk kemudahan urusan pertanahan.

Mantan Ketua Umum PB HMI ini mengemukakan contoh lahan di Kemayoran seluas 31 ha yang dimiliki Sekretariat Negara (Sekneg), setelah dicek ternyata luasannya tinggal 14,6 ha. Karena itu hal seperti ini akan diatur dan tidak boleh terjadi lagi ada pihak yang bisa menguasai lahan dengan cara yang tidak benar.

“Ini pasti ada kelakuan pengembang juga tapi saya nggak tahu anggota REI apa bukan. Saya sudah usulkan ke Wakil Presiden, saya akan cek semua tanah kosong di Kemayoran, kalau periode satu tahun tetap kosong akan saya nyatakan tanah terlantar, karena sejatinya di sana memang tanah negara kok,” tandasnya.

sumber: housing-estate


0 comments

Leave A Comment