082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Lebih Untung Beli Rumah Jadi atau Bangun Sendiri?

Posted on July 20, 2017 by Vibiz Admin in News

Masih bingung mau beli rumah yang sudah jadi atau membangun sendiri? Membangun rumah sendiri bisa jadi akan sesuai dengan rumah impianmu sampai ke detailnya. Tapi, keluarga baru umumnya lebih suka membeli rumah jadi karena gak mau repot membangun rumah sendiri.

Sebenarnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah jadi? Simak tips berikut ini:

Membangun Rumah Sendiri
Kelebihannya

Kamu gak terikat dengan jadwal pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), karena pembangunan rumah ditentukan oleh kamu sendiri. Buat blueprint rumahmu sebagai pedoman saat mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sebaiknya konsultasikan dengan rekan yang mengetahui desain rumah. Dengan memiliki IMB, kamu bisa menghemat bahkan terbebas dari biaya pungli (pungutan liar).

Keuntungan lainnya, kamu dapat mendesain ruang-ruang di rumah sesuai keinginanmu. Jangka waktu penyelesaian rumah bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan dan bujetmu.

Kekurangannya

Jika membangun rumah sendiri, yang pertama tentunya kamu harus punya lahan. Berhati-hatilah untuk mendapatkannya. Perhatikan surat-surat tanah tersebut dan periksakan ke Badan Pertahanan Nasional (BPN) setempat.

Jangan lupa juga, cek peruntukan lahan tersebut ke Dinas Kota/Daerah, apakah lahan tersebut boleh dibangun rumah tinggal sesuai keinginanmu. Untuk DKI Jakarta, informasi dapat diperoleh di kantor kecamatan setempat.

Belum lagi mengumpulkan bahan bangunan dan menunggu masa pembangunan rumah yang belum tentu singkat. Sedangkan bila harus menunggu rumah dibangun otomatis kamu harus mengeluarkan uang untuk mengontrak sementara.

Kamu mengeluarkan biaya untuk finishing yang mencapai 30 persen dari harga bangunan. Kamu bisa melakukan ini secara bertahap, karena dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Kamu boleh saja memilih untuk mengutamakan finishing di dalam rumah daripada di luar rumah, mengingat estetika dan kesehatan lingkungan di dalamnya.

Catlah rumah dengan warna terang, karena dapat membuat ruangan menjadi terang dan luas, sehingga kamu dapat menghemat penerangan.

Hal lain yang patut kamu perhatikan adalah kondisi rumah. Harus ada pengecekan yang teliti soal kualitas bangunan dan luas yang dibutuhkan.

Membeli Rumah Jadi
Kelebihannya

Lingkungan dan fasilitas yang terjamin, mulai dari segi keamanan, kenyamanan, kepraktisan hingga keserasian, sejauh ini masih melatarbelakangi sebagian besar pembeli rumah jadi. Faktor keamanan merupakan kebutuhan pokok bagi penghuni rumah jadi.

Rumah jadi juga banyak fasilitas penunjangnya – beberapa fasilitas penunjang lainnya memanjakan seluruh penghuni perumahan, di antaranya kolam renang hingga pusat kebugaran, dan tempat beribadah.

Dengan membeli rumah, calon pemilik juga tidak perlu repot-repot memikirkan cara dan prosedur membangun rumah hingga hal perizinan. Calon penghuni tinggal menerima rumah yang sudah siap untuk dihuni.

Tak perlu repot meneliti dan mencari harga tanah yang pas sesuai kantong. Kamu bisa mendapatkan rumah idaman dengan mengajukan KPR di bank. Kamu bisa langsung memiliki dan menempati rumah meski hanya membayar maksimal 30 persen dari harga rumah. Legalitas rumah juga lebih terjamin.

Harga rumah seperti ini lebih terjaga stabil, sehingga kamu tahu kisaran dana yang dibutuhkan. Dana membeli rumah yang tersisa dapat digunakan untuk rencana keuangan lainnya semisal untuk berinvestasi, berdagang, ataupun berlibur.

Kekurangannya

Kekurangan dari membeli rumah siap huni, antara lain desain ruang-ruangnya mungkin tidak selalu cocok dengan yang kamu idamkan. Sehingga, setelah membeli diperlukan beberapa renovasi. Selain itu, jika kamu tidak cukup teliti, mungkin kamu akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki struktur atau instalasi rumah tersebut.

Kmau juga terikat dengan jadwal pembayaran cicilan KPR. Jangan lupa untuk selalu memprioritaskan dana ini, agar kamu nyaman dan tenang menghuni rumah yang kamu sudah beli itu.

sumber: rumah123


0 comments

Leave A Comment