082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Menurut BTN, Sektor Properti Tak Akan Surut Karena…

Posted on March 13, 2019 by Vibiz Admin in News

Direktur PT Bank Tabungan Nasional (BTN) R Mahelan Prabantarikso memperkirakan kebutuhan properti, khususnya tempat tinggal, tidak akan surut karena faktor bonus demografi. Hal ini dikatakannya dalam kuliah umum setelah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (5/3/2019).

Mengukitp kajian Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah milenial akan mencapai 90 juta jiwa pada 2020. Menurut Mahelan, para milenial yang masuk pada usia produktif akan menjadi tulang punggung ekonomi sekaligus menjadi target utama pasar properti Tanah Air.

“Ini merupakan peluang, apalagi backlog properti di Indonesia sekitar 11,4 juta unit yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah, pengembang properti, dan perbankan untuk memperbaikinya,” kata Mahelan.

Mahelan memandang bahwa geliat sektor properti mulai membaik pada 2017-2018 setelah sebelumnya mengalami tekanan pada 2015-2016. Sejumlah faktor yang menekan ialah ketidakpastian politik, tingkat hunian rendah, dan perlambatan ekonomi.

“Di 2018 mulai membaik karena relaksasi kebijakan uang muka pembelian rumah dari Bank Indonesia, makin luasnya program sejuta rumah yang didorong subsidi pembiayaan perumahan dari pemerintah, dan makin pesatnya pembangunan infrastruktur yang mendukung perkembangan properti di sejumlah wilayah di Indonesia,” kata Mahelan.

Khusus untuk pengembang yang kelak akan memasok kebutuhan rumah bagi masyarakat, BTN menggelar pelatihan properti, membuka program Mini MBA in Property, serta pendampingan bagi para pengembang muda yang memulai bisnisnya serta mengawasi proyek properti.

“Kualitas pengembang properti harus diperhatikan dan ditingkatkan karena saat ini marak pengembang properti bodong yang asal-asalan menggarap proyek properti yang berpotensi merugikan konsumen,” ujarnya.

sumber: wartaekonomi


0 comments

Leave A Comment