082198207682

Simpro Realty

Search More

Our Blog

Skema Rent to Own Bisa Membantu Milenial Memiliki Properti

Posted on November 25, 2019 by Vibiz Admin in News

Harga properti yang mahal, terutama di tengah kota membuat anak muda masa kini menunda beli properti hunian, baik untuk digunakan atau investasi. Skema rent to own dinilai bisa menjadi salah satu solusi.

Presiden Direktur PT Urban Jakarta Propertindo Paulus Nurwadono mengatakan bahwa jika melihat pasar properti yang tengah lesu, harusnya pemain di industri properti sekaligus pemerintah bisa memikirkan skema yang di luar kebiasaan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, menurut Paulus, adalah dengan skema rent to own atau sewa untuk kemudian menjadi milik.

“Sekarang harus diakui semua agak lesu. Daya beli saja turun luar biasa sehingga kita harus menunggu insentif dari pemerintah,” katanya kepada Bisnis, Senin (25/11/2019).

Rent to own bisa menyasar kepada anak muda yang cenderung memilih untuk menyewa properti karena penghasilannya yang belum bisa memenuhi persyaratan kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) dan juga pekerja sektor informal.

“Orang yang unbankable itu kan harus punya akses, contoh anak muda, kalau punya slip gaji enggak apa-apa, tapi seniman, pedagang di pasar itu kan ngga punya slip gaji, tapi sebetulnya mereka mampu beli properti. Mereka punya duit loh, tapi susah akses kredit ke bank,” katanya.

Paulus menyebutkan bahwa Urban Jakarta tengah melakukan diskusi kerja sama dengan lembaga penyedia pembiayaan agar bisa memenuhi skema rent to own tersebut.

Perinciannya, uang sewa indekos, misalnya, sebagian dijadikan cicilan uang muka hingga sampai di titik tertentu tanpa sadar penyewa sudah layak membayar uang muka.

“Misalnya, sewa indekos Rp1,5 juta, Rp1 juta untuk uang indekos, Rp500.000 untuk uang cicilan uang muka. Sampai 2 atau 3 tahun cicilannya sudah terpenuhi. Saya tinggal laporin ke lembaga keuangan bahwa orang ini layak lo, dapat pembiayaan,” kata Paulus.

Adapun, dalam jangka waktu 2 tahun—3 tahun penyewa sudah memiliki kemampuan lebih untuk melanjutkan cicilan properti dengan adanya kenaikan penghasilan. Hal semacam itu yang harus dipikirkan sehingga sebagai pengembang, tujuan untuk menyediakan hunian bagi pengguna akhir bisa tercapai.

sumber: bisnis


0 comments

Leave A Comment